Sunday, June 14, 2015

8 Tips Memilih Android Murah Berkualitas


Share/Bookmark

tips memilih android, tips android, cara android, harga hp android

Anda merasa handphone anda mulai lemot, rusak karena terbanting atau tercelup air? Ingin membeli handphone atau tablet Android tetapi budget terbatas? Silahkan ikuti panduan dari AndroidForGoodLife.blogspot.com supaya tidak salah memilih Handphone Android yang murah dan Berkualitas!

Pada saat ini terdapat banyak sekali model HP dan tablet Android yang menawarkan berbagai keunggulan. Maka dari itu diperlukan ketelitian dalam memilih Android yang akan dibeli supaya tidak salah memilih sehingga menjadi pemborosan. Berikut langkah step by step untuk memilih Android murah berkualitas.

1. Tentukan budget anda

Hal mendasar yang harus diketahui calon pembeli Android adalah budget. Berapa uang yang bisa anda keluarkan untuk membeli handphone Android? Apakah anda akan menjual handphone lamamu atau tukar tambah atau mempertahankannya? Hal ini wajib diketahui calon pembeli, karena jika tidak dampaknya pada finansial anda. Yang seharusnya hanya punya 1 juta rupiah, karena termakan omongan penjual akhirnya membeli Handphone dengan harga 5 juta dibayar kredit. Ini berdampak pada pemborosan pada keuangan kita. Maka dari itu tentukan budget anda dari awal.
Catatan : Untuk saat ini baiknya menentukan budget pada rentang harga 1 juta sampai 3 juta saja. Hal ini karena handphone dan tablet Android saat ini dengan harga sekian sudah mampu menjalankan hampir semua aplikasi Android dengan lancar (tidak ngelag). Rata-rata sekarang Android dengan harga 1 jutaan sudah menawarkan kemampuan mumpuni. Namun ini hanya saran saya, jika anda ingin lebih silahkan.

2. Tentukan kebutuhan anda

Hal ini juga faktor yang sangat penting dalam membeli sebuah handphone Android. Anda harus menentukan apa saja kebutuhan anda. Jika menginginkan Android untuk bekerja, pilihlah tablet dengan layar besar dan memiliki banyak RAM untuk multitasking. Jika menginginkan Android untuk bermain game pilihlah handphone atau tablet yang memiliki processor (CPU) dan kartu grafis (GPU) gahar. Jika menginginkan Android hanya untuk kebutuhan sehari-hari seperti SMS, telepon, chatting, browsing dan selfie, maka pilihlah handphone yang spesifikasinya seimbang dengan harga yang masuk akal. Jika anda ingin membeli Android karena prestis dan gengsi, saya sarankan anda urungkan niat anda membeli Android.

3. Lakukan riset

Untuk melakukan riset anda bisa bertanya pada orang terdekat dan teman-teman anda apakah mereka punya rekomendasi produk Android yang berkualitas dan murah, dan apakah rekomendasi mereka sesuai dengan budget dan kebutuhan anda? Kemudian anda juga bisa mencari review-review produk Android di internet. Anda juga bisa mencari produk yang direkomendasikan di kaskus.co.id melalui thread yang memiliki tag [WAITING LOUNGE]

contoh thread waiting lounge di kaskus.co.id

4. Memilih berdasarkan spesifikasi

Setelah melakukan riset, anda seharusnya sudah punya beberapa nama produk yang akan dipertimbangkan. Silahkan mencari produk-produk tersebut di situs gsmarena.com atau tabloidpulsa.co.id.

Tampilan GsmArena.com

a. Mencari hasil tes benchmark

Benchmark adalah teknik pengetesan HP Android dengan menggunakan nilai standar. Mitos teknologi yang sedang marak saat ini adalah jumlah core. Padahal sebenarnya banyak core bukan berarti performa semakin baik. Maka dari itu, silahkan mencari review tes benchmark pada Android yang akan kamu beli. Semakin tinggi nilai benchmark maka semakin baik.

b. Layar seperlunya, kamera seperlunya

Untuk tablet saya sarankan lebih dari 7 inci. Karena layar 7 inci belum dapat mengover semua kebutuhan kita. Jika kamu menginginkan kepraktisan, saya sarankan membeli handphone Android dengan layar maksimal 5 inci. Mengapa? Ini karena HP dengan layar yang terlalu besar tidak akan pas di kantong dan akan menyulitkan saat mengoperasikannya karena membutuhkan dua tangan. Adapun kerapatan resolusi baiknya mendekati 300 ppi (piksel per inci). Jangan lebih.  Karena lebih dari itu akan memperberat kerja Android, ditambah lagi dengan kerapatan 300 ppi, tulisan di handphone sudah sangat tajam dan jelas pada mata kita. Begitu pula dengan kamera, jika anda bukan fotografer atau film-maker profesional, saya sarankan maksimal kamera berukuran 8 megapiksel. Ini karena piksel yang terlalu besar akan memperbesar ukuran file foto sehingga memori akan cepat penuh.

c. RAM minimal 768 MB

Ini karena sistem Android yang berat, sehingga untuk pengalaman Android tanpa lag, pilihlah Android dengan RAM minimal 768 MB. Namun jika memang budget sangat terbatas, 512 MB tak jadi masalah. Dengan konsekuensi anda harus pintar-pintar meminimalisasi Aplikasi yang berjalan dalam program Android anda.

d. Desain

Desain fisik sangat berpengaruh pada daya tahan device Android. Sebaiknya bodi Android terbuat dari materi logam. Sebab bahan plastik cenderung lebih mudah kotor dan rusak. Selain itu desain unibody atau yang backcasenya bisa dibuka juga patut dipertimbangkan.

5. Masih bingung?

Jika masih bingung akan memilih yang mana sebaiknya gunakan situs penyedia layanan komparasi antara dua handphone Android seperti versus.com.

versus.com

6. Brand, merk dan aftersales

Setelah mengetahui produk Android mana yang akan dibeli, ada baiknya mencari tahu ketersediaan service center di daerah tempat tinggalmu. Biasanya brand-brand besar seperti Sony, Samsung dan LG sudah memiliki service center hampir di tiap kota. Hal ini menjadi nilai tambah bagi pembeli dibanding membeli handphone dengan brand kecil yang service centernya jarang ditemukan.

7. Cek apakah sudah sesuai dengan budget dan kebutuhan

Di awal sudah dijelaskan pentingnya penentuan budget dan kebutuhan anda. Maka setelah menentukan produk mana yang akan anda beli, anda harus cek lagi ke belakang apakah handphone atau tablet Android yang akan anda beli tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan anda? Jika belum maka sebaiknya anda mengulangi step 3 hingga 6 agar tidak terjadi pemborosan dalam keuangan anda.

8. Bijak dalam memilih

Intinya, untuk memilih Android murah berkualitas diperlukan kebijaksanaan dari calon pembeli. Jangan mudah tergiur iklan dan jangan gengsi-gengsian. Yang terpenting adalah fungsionalitasnya. Karena di tahun 2015 ini, Android dengan harga 1 jutaan kebanyakan sudah berkemampuan mumpuni.

Sekian tips memilih Android murah berkualitas dari AFGL. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan calon pembeli. Selamat berbelanja!

0 comments:

Post a Comment

Got any question? You can also ask me via e-mail.