Monday, June 15, 2015

10 Tips Cara Ampuh Mengatasi Android yang Lemot


Share/Bookmark

tips android, android lemot, harga hp samsung

HP Android anda Lemot? cepat panas? Boros baterai? Terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor paling berpengaruh adalah kamu tidak bisa merawat HP Androidmu. Ikuti panduan tips dan cara ampuh mengatasi Android lemot di AndroidForGoodLife.blogspot.com.

Penyebab android lemot

harga hp samsung, bbm apk, trik android
Tampilan RAM Android
Penyebab HP dan tablet Android yang lemot tidak lain adalah RAM. RAM adalah akronim dari Random Access Memory. Artinya RAM memproses ingatan dengan jangka pendek. RAM digunakan untuk multitasking dan ingatan jangka pendek seperti copy/paste/cut. Untuk menganalogikan, kita sebagai manusia sering multitasking; misalnya bekerja sambil mendengarkan musik dan ngobrol. Jika kita tambah lagi kegiatan kita misalnya sambil makan dan minum, tentu kita akan keteteran, kita akan lemot. Bingung memutuskan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Nah Handphone kita juga sama saja dengan manusia, punya batasan multitasking. Sebanyak apa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Android dalam satu waktu. Jika RAM penuh tentu akan terjadi lag dan lemot. You feel me?

Setelah mengetahui konsep dasar, berikut tips-tips mengatasi Android yang lemot, cepat panas dan boros baterai :

1. Uninstall aplikasi

Terlalu banyak aplikasi android yang terinstall di dalam HP dapat menyebabkan smartphone Android lemot. Hal ini karena banyak aplikasi yang walaupun tidak kamu buka tetap berjalan di belakang layar. Contohnya seperti aplikasi instant messaging seperti LINE atau BBM Android. Untuk mengatasinya anda perlu menguninstall aplikasi-aplikasi yang jarang terpakai. Saya sarankan instant messaging cukup menggunakan 2 saja, satu yang utama dan satu untuk alternatif. Karena teman-teman chatting anda saya yakin juga itu-itu saja.

2. Gunakan Greenify

Tampilan Greenify
Jika tidak ingin menguninstall aplikasi Android anda, baiknya menggunakan aplikasi Greenify yang bisa didapatkan gratis di Play Store. Greenify tidak seperti aplikasi task killer biasa. Greenify menggunakan metode 'hibernasi' sehingga aplikasi tidak akan bisa leluasa bekerja di belakang layar. Tapi saya peringatkan jangan menghibernasi aplikasi Instant messaging karena akan menghilangkan fungsi notifikasi. Anda tentu tidak mau diputuskan pacar karena tidak tahu ada chat dari pacar masuk.

3. JANGAN gunakan aplikasi task killer

Contoh Aplikasi Task Killer
Jangan gunakan aplikasi task killer semacam Clean Master atau Battery Doctor dan semacamnya. Ini karena aplikasi task killer akan bekerja di balik layar juga, mengakibatkan RAM bertambah penuh. Gunakan Clean Master untuk membersihkan cache, thumbnail, dan file-file yang sudah tidak terpakai saja. Selebihnya, saran saya jangan.

4. Bloatware

Contoh Bloatware di Handphone Samsung
Bloatware maksudnya aplikasi-aplikasi bawaan dari vendor HP tersebut yang kadang kurang bermanfaat. Contoh bloatware pada HP Samsung misalnya AT&T Locker dan
AT&T Navigator. Aplikasi tersebut tidak ada gunanya dan memberatkan sistem Android. Maka dari itu perlu diuninstall. Nah sayangnya bloatware ini parahnya tidak bisa diuninstall apabila HP Android anda belum di-root. Maka silahkan root HP anda (sebenarnya jika root digunakan secara benar tidak akan berbahaya dan garansi tidak akan hilang.) lalu anda bisa install aplikasi seperti Link2SD untuk menguninstall bloatware dari HP Android anda.

5. Reboot Android sehari sekali

Merestart Handphone dan tablet Android sama seperti membiarkan mereka tidur lalu bangun kembali. Bayangkan manusia bekerja tanpa tidur, itu lah yang kita lakukan pada HP Android kita. Mesin pun butuh tidur untuk regenerasi dan untuk memperpanjang umur Smartphone.

6. Sering-sering menghapus riwayat multitasking

Jangan biarkan multitasking menumpuk hingga lebih dari 5 aplikasi. Sering-seringlah menghapus riwayat multitasking, untuk memastikan RAM tidak akan menyimpan ingatan sementara yang sudah tidak dibutuhkan.

7. Atur penggunaan memori internal

Sebaiknya untuk menyimpan file gambar, musik, video dan dokumen simpanlah di SD card (kartu memori external) dan jangan sampai penggunaan memori internal melebihi 3/4 dari kapasitasnya. Ini karena aplikasi-aplikasi Android terinstall pada direktori memori internal. Maka sering-seringlah menghapus file-file yang tidak perlu. Dalam hal ini bisa dibantu oleh aplikasi Clean Master.

8. Gunakan tombol back, bukan home

Hal ini penting jika kita ingin keluar dari aplikasi. Jika menggunakan tombol home RAM akan otomatis menyimpan ingatan sementara tersebut. Namun jika menggunakan tombol back RAM akan langsung membuang memori sementara tersebut.

9. Gunakan launcher yang ringan

Tampilan Hola Launcher
Launcher adalah desktop pada Android. Merupakan interface yang paling sering kita lihat. Maka dari itu anda perlu memilih launcher yang ringan. Saya sendiri memakai Hola Launcher. Karena menurut saya launcher ini yang paling ringan.

10. Ganti Smartphone

Cara terakhir jika smartphonemu masih lemot, berarti anda sudah harus mengganti dengan yang baru. Hahahaha. Tidak, saya serius. mungkin smartphone anda sudah terlalu berumur dan sudah saatnya dipensiunkan. Untuk panduan membeli Smartphone Android dengan bijak silahkan baca: 8 Tips Memilih Android Murah Berkualitas.

0 comments:

Post a Comment

Got any question? You can also ask me via e-mail.